Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Seperti Apa Startup yang Menarik Bagi Investor?

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Ciri-ciri Startup yang disukai Investor - Pertumbuhan rintisan digital (Startup) yang masif dan semakin tingginya penetrasi internet masyarakat Indonesia membuat Startup lokal banyak dilirik oleh investor asing. Banyak startup lokal yang mendapatkan suntikan dana dari investor, yang saya tahu seperti Tokopedia sebesar seratus juta dolar dari Cyberagent Ventures, Sequoia Capital dan Softbank Internet and Media, investasi terhadap mobil123[dot]com 6,5 juta dolar dari carsalesdotcom. Suntikan terhadap elevenia sebesar 60 juta dolar dari XL Axiata dan SK PlanetTouchTen. Tentu saja dengan suntikan dana dari investor membuat startup tersebut semakin berkembang.
Startup yang Menarik Bagi Investor
Seperti apa startup yang disukai oleh investor? dibawah ini beberapa poin yang saya kumpulkan dari hasil searching sebuah startup layak mendapatkan dana investasi :  

1. Market
Seberapa besar market yang digarap, potensinya dalam 4 sampai lima tahun kedepan apakah bisa menjadi market leaders di market tertentu. Sebuah startup tidak dinilai dari seberapa besar profit yang diproduce short time, tapi potensi kedepannya seperti apa.  

2. Team
Apakah founder mempunyai long time vision. Founder yang memiliki visi misalnya untuk membangun internet nomor satu di Indonesia atau ingin menciptakan edukasi yang lebih baik di Indonesia. Seorang fourder startup harus mempunyai visi jangka panjang.

3. Strategi 
Apakah yang membedakan sebuah strtup dengan kompetitor lain yang bermain di market yang sama. Sebuah bisnis tentu ada kompetitor, diantara kompetitor yang ada, sebuah startup harus memiliki kelebihan tertentu yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Disamping itu yang perlu adalah seberapa berapa besar user kembali pada website tersebut. Dengan baliknya user ini menandakan website itu valueble dan bermanfaat dalam menyelesaikan masalah mereka.

Baca juga Tips memulai Digital Startup 

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan