Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Contoh Membuat Database dan Table dengan PHPMyAdmin

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Buat Database Melalui Xampp PHPMyadmin - PHPMyadmin adalah sebuah aplikasi MySQL Client yang berbasis web. Dengan menggunakan PHPMyadmin dengan mudah membuat database, memodifikasi, membuat tabel dengan hanya mengklik tanpa mengetikan dilayar console yang terkesan klasik, tidak elegan dan kekinian untuk zaman sekarang, hehe. Jika rekan mau susah-susah juga di zaman canggih seperti ini dengan membuat database dan table MySQL di console silahkan baca ini :) Cara buat database dengan CMD. Diatas dikatan PHPMyadmin berbasis web yang berarti mengandung unsur internet, tentu saja dengan menyediakan server hosting terlebih dahulu karena PHPMyadmin adalah bagian dari control panel seperti cPanel.
Cara Buat Database Melalui Xampp PHPMyadmin
Baca juga :
Mengenal Bahasa Pemograman Web PHP
Cara Menambahkah Form dengan Mudah di Dreamweaver
Tapi jangan khawatir rekan juga bisa membuat Database dan Table dengan PHPMyadmin tanpa mempunyai hosting terlebih dahulu, artinya database MyuSQL bisa di create secara offline menggunakan XAMPP. Apa itu XAMPP silahkan baca disini Apa itu XAMPP dan kegunaannya. Dengan XAMPP yang terinstall dilaptop atau komputer kita akan membuat server apache secara internal dengan fasilitas seperti MySQL dan layanan lainnya. Tentu saja saya berharap kepada hadirin setelah selesai merancang database dan webnya untuk segera dionlinekan pada hosting, yups lagi-lagi dengan alasan supaya terlihat elegan, gaya dan kekinian dizaman modern seperti saat ini wkwkwkw. karena jika hanya terletak di server internal saja sebaiknya memakai Pemograman destop saja seperti Visual basic maupun Delphi.

Cara create Database MySQL menggunakan PHPMyAdmin

1. Silahkan ketikan di browser yang rekan cintai http://localhost/phpmyadmin/
2. Akan otomatis muncul seperti tampilan dibawah ini. Pada bagian create new database silahkan masukan nama database yang ingin rekan buat selanjutnya klik create.
cara buat tabel mysql di phpmyadmin
 3. Setelah databasenya jadi otomatis akan tampil lagi halaman untuk membuat table. Pada name ketikan nama tabelnya pada number of field masukan jumlah field atau kolom.  
database dengan phpmyadmin
 4. Klik Go disamping paling kanan, otomatis akan tampil halaman untuk membuat nama masing-masing field beserta kategorinya. Contoh seperti gambar dibawah ini.
belajar membuat database dengan xampp
Selesai, Selanjutnya simpan. Maka dengan mengikuti langkah-langkah diatas database dan tabel kita sudah siap digunakan. Sekarang saatnya untuk membuat form input, menampilkan data dari database yang telah kita buat pada browser dan lain-lain.

baca juga Cara membuat form input PHP pada sebuah File.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan