Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Membuat Server Ubuntu di Digital Ocean

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Membuat Virtual Private Server (VPS) di DO - Ubuntu merupakan salah satu Distro turunan Debian yang cukup populer dalam System Operasi Server. Nama Ubuntu merupakan nama yang berasal dari filosofi Afrika Selatan yang berarti “Kemanusiaan kepada sesama”. Proyek Ubuntu resmi di suport oleh perusahaan Canonical Ltd dengan dana awal sebesar US$10 juta. Diantara kelebihan System Operasi Ubuntu untuk Virtual Private Server (VPS) adalah stabil karena turunan dari Debian, walaupun di versi destop sangat sulit mencari drivernya.
Cara Membuat Virtual Private Server (VPS) di DO
Baca juga :
Pilih Database MySQL atau MariaDB?
Cara Upgrade RAM di VPS DO
VPS Murah $5 Dollar Bonus $10 Dollar


Membuat server Ubuntu di Virtual Private Server (VPS) seperti Digital Ocean sangatlah mudah. Yang penting rekan harus mempunyai akun DO dulu. Bagi yang belum pernah mencoba silahkan masuk ke postingan ini Cara simple membuat VPS di Digital Ocean

1. Silahkan masuk ke Dasboard DO 
cara membuat VPS
 2. Pada droplet Hostname ketikan nama droplet yang ingin rekan buat. Misalnya Ubuntu Server. Ingat tidak boleh ada spasi.
Membuat Server Ubuntu di Digital Ocean
 3. Selanjutnya pilih lokasi server yang rekan inginkan. Kalau saya sendiri memilih salah satu dari dua lokasi server, pertama New York dengan alasan jika menggunakan server sebagai web hosting dengan target visitor negara premium. atau untuk internet tunelling yang server streaming pada umunya terdapat diluar negeri. Kedua adalah Singapura, karena pingnya lumayan kecil dan stabil diakses dari Indonesia.
cara install linux di server
 4. Karena disini kita akan menginstall System Operasi Ubuntu, maka pilih Ubuntu, untuk versinya silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing baik menggunakan 32 bit tau 64 bit.
cara menggunakan server linux ubuntu
 5. Klik create Droplet. Maka kita akan menunggu beberapa saat system melakukan penginstallan System Operasi.
OS linux yang bagus untuk server
 6. Jika sudah selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
cara remote server linux dari windows
 7. Selanjutnya buka email akun rekan guna melihat password root yang telah dibuat system. Kalau saya melakukan synkron Email ke HP Android jadul saya. Jadi ketika droplet berhasil di create otomatis akan ada pemberitahuan di email. Jika rekan masih memakai windows Ssilahkan gunakan Putty untuk masuk ke system server Linux seperti gambar dibawah ini. Gunakan port 22, karena ini port standar untuk akses root.
tips menggunakan putty masuk ke VPS
Tampilan dibwah ini menunjukan server Ubuntu kita sudah jadi. Nah sekarang saatnya mengetikan mantera-mantera dilayar hitam tersebut :)
memilih lokasi server yang bagus
Ditulisan-tulisan yang akan datang kita akan sedikit berekplorasi dengan ubuntu server, bagaimana menjadikannya sebagai RDP yang bisa diremote dari system windows, atau mengkoneksikannya dengan Linux Ubuntu destop. Kira-kira begitulah.

Baca juga Cara Login ke Virtual Private Server (VPS)

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan