Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Remote VPS Ubuntu dari Ubuntu Destop

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Tips Koneksi Server di Ubuntu Destop -  Apa sih perbedaan Ubuntu Destop dan ubuntu Server? yang jelas dari namanya sudah beda bro, hehe. Ubuntu Destop pada umumnya diinstall untuk end user yang biasanya difungsikan untuk kegiatan umum seperti pengetikan, edit gambar, mendengarkan music, menonton video atau internet. Sedangkan ubuntu server lebih banyak di gunakan untuk kelas enterprise seperti perusahaan dengan keperluan seperti web hosting, server streaming, server radio, server game dan lain sebagainya. Salah satu ciri Ubuntu destop adalah interface yang elegan dengan destop Gnome seperti pada Microsoft Windows Destop. Sedangkan untuk server kita hanya disuguhkan layar shell atau command line tanpa antar muka GUI.
cara menggunakan ubuntu server
Baca juga :
Linux Itu Gratis, Mereka Dapat Uangnya Darimana?
Ulasan Saya: Pengalaman Menggunakan Linux Ubuntu, Susah?
Cara Mudah Create Database MySQL Untuk Blog di cPanel Hosting

Apakah Ubuntu Server juga bisa dibuat seperti Ubuntu Destop dengan antar muka yang userfriendly? jawabannya sangat bisa sekali seperti yang pernah saya tulis disini cara Install RDP di Server Ubuntu  dapat di remote dari Destop Windows. Dengan alasan akses kecepatan untuk menghemat resource, maka secara default Ubuntu Server ataupun distro Linux yang lain seperti Centos, Fedora, Debian tidak menyediakan antar muka GUI jika diinstall pada server.

Diartikel ini kita akan melakukan remote ke Ubuntu Server yang sudah saya install di Virtual Private Server (VPS) Digital Ocean, tutorialnya ada disini Membuat Server Ubuntu di Digital Ocean.

1. Silahkan login ke Destop Ubuntu rekan
2. Silahkan pilih menu File dan Connect to server pada sisi kiri atas layar, maaf disini saya tidak berhasil menampilkan screenshoot menu sedang dibuka di ubuntu.
3. Pada bagian server masukan IP Host, jika rekan sudah pointing domain silahkan masukan domainnya, mahal bro domain? gunakan saja yang gratis, silahkan baca disini Cara Daftar Domain Gratis Di Freenom. Kalau mau lebih elegan kekinian, dengan tampil gaya pake domain premium dong, hehe. Intinya sama saja, karena domain itu sebenarnya terdiri dari angka-angka. 
cara remote server ubuntu
 4. Pada bagian type pilih SSH. silahkan isi username root dan password administrator rekan. Pada port rubah ke 22 karena port standar yang ditampilkan adalah 21.
pilih ubuntu destop atau server
Pada gambar diatas sudah terlihat file-file yang berhasil diremote menggunakan Ubuntu Destop. Sekarang kita bisa memindahkan, mencopy, menghapus atau memodifikasi file pada server Ubuntu ke Ubuntu Destop maupun sebaliknya. Salam olahraga.

Baca juga Kenapa dengan Oneiric Ocelot?

2 comments:

  1. Rupanya ubuntu itu terbagi dua ya mas? Sekarang jadi paham perbedaan antara ubuntu dekstop dan ubuntu server...

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan