Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Ubuntu Server itu Seperti Apa Sih?

· · 4 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Fungsi dan Kegunaan Ubuntu Server - Ubuntu Server itu seperti apa sih? perbedaannya dengan Ubuntu Destop? apakah sulit memakai Ubuntu Server?. Perbedaan yang mendasar menurut saya adalah Ubuntu Destop memiliki antar muka GUI (Graphical User Interface) sehingga kita dengan mudah menjalankan aplikasi, menginstall aplikasi tampa perlu mengetikan di terminal atau console. Sedangakan Ubuntu server tanpa antar muka GUI (Graphical User Interface), di Ubuntu server kita tidak akan menemukan Taksbar, menu-menu program, yang ada hanya layar command line atau shell. Untuk mengeksekusi suatu program kita perlu mengetikannya dilayar terminal. Jadi sebenarnya dari jauh saja kita sudah bisa menebak komputer seseorang apakah Ubuntu Server atau Ubuntu Destop. Susah? ya jelas bagi yang tidak mau mencoba dan terus belajar :D.
Baca juga :
Cara Remote VPS Ubuntu dari Ubuntu Destop
Kenapa dengan Oneiric Ocelot?
Cara Install Webmin Panel di Ubuntu Server

Cuma layar hitam doang? apa canggihnya? kayaknya susah nih?. Bagi rekan yang bergelut di Destop tentu akan menganggap Ubuntu server tidak ada manfaatnya, tapi bagi Perusahaan Web hosting, Radio Online, streaming online, membuat file sharing tentu sangat berguna sekali dalam mengonlinekan produk-produk mereka. Ubuntu server juga tersedia secara gratis, ini sebabnya Server dengan System Operasi Linux lebih murah dibandingkan dengan server system operasi windows.

Wah! berarti untuk golongan kelas enterprise aja nih, ga ada manfaatnya buat kita-kita dunk?. Kita sebenarnya merasakan manfaatnya secara tidak langsung, misal kita sedang browsing-browsing untuk mencari tugas kuliah di internet dan mampir kesebuah website kemudian mengcopy pastekan tanpa edit lagi di microsoft word :), mungkin saja web hosting website tempat rekan melakukan plagiat tersebut menggunakan system operasi Ubuntu Server. Karena pada umumnya saya lihat pebisnis webhosting rata-rata menggunakan system server Linux seperti ubuntu.

Seumpama nih kita membuat system file sharing dengan ubuntu server, terus installkannya dimana? ya komputer, kita bisa menggunakan komputer destop dan komputer maya? waw komputer maya, seperti apa tuh? yang jelas bukan Lu*a M*ya ya, hehe. Ga ada masalah kita menginstallkan Ubuntu server di komputer destop, hanya saja kita akan dibuat pusing, karena komputer harus hidup 24 jam, dan untuk mengonlinekannya butuh jaringan internet bukan? agaknya ini merepotkan dan menguras biaya. Nah untuk lebih bagusnya kita installkan di komputer maya seperti Virtual Private Server (VPS), Dedicated Server karena systemnya 24 jam tanpa henti, kadang sekali-kali memang ada maintanance server.

Baca juga  Cara Install Dropbear di Server Ubuntu

4 comments:

  1. bagi saya masih susah nih, kayaknya perlu mendatangkan mas danish deh buat belajar lebih lanjut soal ubuntu

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas, bayarkan ongkos pesawatnya ya wkwkwk

      Delete
  2. maaf gan saya mau naya,. kenapa ya setiap saya mau booting ke ubuntu server, selalu gagal booting, ketika pertama kali menyalakan.

    ReplyDelete
  3. coba system operasinya di reinstall lagi mas

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan