Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Membuat Aplikasi Android Radio Streaming

· · 18 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Membuat Aplikasi Radio Online dengan AppInventor - Awalnya saya ingin memposting tutorial membuat aplikasi radio streaming (Radio Online) menggunakan IDE Eclipse. Tapi setelah saya coba jalankan di Android jadul saya (Kitkat) aplikasinya terhenti, hm.. mungkin dilain kesempatan saya akan share bagaimana caranya membuat apk radio streaming menggunakan Bahasa Java dengan IDE Eclipse.

Ditulisan ini kita akan membuat aplikasi radio online atau radio streaming menggunakan AppInventor. Yups AppInventor adalah sebuah aplikasi berbasis web yang mencanangkan membuat aplikasi tanpa coding :). Di Appinventor seseorang bisa membuat aplikasi Android tanpa memiliki latar belakang programmer (belajar pemograman) kita dapat membuat aplikasi Android dengan mudah. Walaupun demikian, menurut saya tetap dibutuhkan logika alur aplikasi yang akan kita buat.
Cara Membuat Aplikasi Android Radio Streaming
Tapi kelemahan aplikasi yang kita buat di AppInventor setahu saya tidak bisa dipasang Google Admob alias tidak bisa dimonetasi untuk mendapatkan dollar. Nah jika rekan fokus berbisnis dengan membuat aplikasi Android, disarankan mengguankan salah satu IDE (Integrated Development Environment) yaitu Elipse, Android Studio atau Java Netbeans. Silahkan pilih dan tekuni diantara 3 bahasa IDE (pemograman Java) tersebut. Namun bagi pemula dan newbie full seperti saya ini ga ada salahnya memulai belajar membuat aplikasi Android dari yang termudah terlebih dahulu.

Langkah-langkah membuat aplikasi Radio Online Android :

1. Saya asumsikan rekan sudah mempunyai akun AppInventor, silahkan kunjungi website resminya appinventor.mit.edu. Buat project baru dengan nama radio streaming.
cara membuat radio online android
www.abdusatri.com
2. Silahkan rubah judul Aplikasi sesuai dengan keinginan rekan, bisa nama istri, nama anak atau nama cucu jika rekan sudah punya cucu kesayangan hehe. Disini saya buat RPD Kuansing (Radio). Untuk merubahnya ada pada bagian kanan bawah. Buat tiga buat button Start, Pause dan Close dengan mendrag Button yang ada pasa sisi kiri ke layout aplikasi.
cara membuat aplikasi radio android
www.abdusatri.com
3. Tambahkan backround aplikasi dengan memilih backround image dan upload file dari komputer.
Sehingga tampilan seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa tambahkan Player kedalam aplikasi pada group media. 
rpd kuansing radio online
www.abdusatri.com
4. Selanjutnya masuk ke bagian Blocks. Seret ketiga tombol button yang kita buat tadi kedalam viewer. Ketika kita memilih Button maka akan ada beberapa list pilihan, pilih When Button Click Do.  
tutorial membuat aplikasi radio online dengan mudah
www.abdusatri.com
Selanjutnya tambahkan fungsi dari player dengan memilih set player 1 source to dan menambahkan text URL Radio diujungnya. Disini saya contohkan radio streaming yang saya buat beberapa hari yang lalu dengan server Linux Debian (untuk tutorial membuat radio streaming dengan server sendiri menyusul ya..). Kemudian tambahkan call player 1 start di button start tepat dibawah set player 1 source to. Jadi ketika button start di klik maka akan menjalankan player dengan URL radio streamingnnya. Pada button pause tambahkan call player 1 pause dan pada button close tambahkan close aplication pada Control. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
cara menggunakan appinventor
www.abdusatri.com

cara mudah membuat aplikasi android
www.abdusatri.com
Hasil akhir radio onlinenya seperti gambar diatas. Semoga bermanfaat.

18 comments:

  1. emm, belum saya coba ini mas, sepertinya kern ini, izin saya amankan mas :)

    ReplyDelete
  2. saya susah buatnya mas soalnya belum punya android. hehee

    ReplyDelete
  3. Wah, mantab banget, mas. Bisa memodifikasi android sehingga menjadi fasilitas radio online...

    ReplyDelete
  4. mas, saya mau buat aplikasi radio streaming khusus radio saya sndiri bisa ga pake ini??? jadi cma satu saluran saja mas.. khusus radio RJ FM tasikmalaya ga ada yg laen..

    ReplyDelete
  5. mas. saya mau buat aplikasi radio streaming khusus bisa ga pake tutor ini? jdi khusus cuma satu saluran aja yg di streaming.. khusus radio RJ FM tasikmalaya..

    ReplyDelete
  6. kurang jelas, bisa lebih detail mas.

    ReplyDelete
  7. mas cara lihat hasil streamaing nya gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk hasil straming sama dengan radio-radio online yang lain mas. tetap ada delay beberapa detik dari radio konvensional karena proses transfer suara ke server

      Delete
  8. cara savenya gimana ?
    kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. savenya ke komputer langsung bisa. tingal export ke apk

      Delete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan