Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Setting Radio Streaming di SAM Broadcaster

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Pengaturan SAM Broadcaster Untuk Radio Online - Salah satu software yang banyak digunakan untuk menyiarkan radio streaming adalah SAM Broadcaster. Dengan software ini kita dapat membuat radio streaming sendiri di laptop maupun komputer kita, dengan syarat sudah mempunyai server untuk mengalirkan streamingnya. Server streaming kebanyakan menggunakan Linux sebagai system operasi yang bisa diinstall pada sebuah Virtual Private Server (VPS). Dan shoutcast atau Icecast sebagai pluginnya.

Sebelum melakukan settingan di SAM Broadcaster syarat yang harus dipenuhi adalah :
Pengaturan SAM Broadcaster Untuk Radio Online
www.abdusatri.com
  1. Komputer (PC) atau Laptop yagn terkoneksi ke jaringan internet
  2. Server yang sudah diinstall Shoutcast atau Icecast. Disini saya memilih  menggunakan Server Linux Debian yang diinstall pada sebuah Virtual Private Server (VPS) RAM 512 dengan data center Singapura dan didalamnya diinstall icecast2. Data server streaming yang diperlukan adalah IP Host server atau IP yang sudah dipointing ke bentuk domain, Port server streamingnya, username dan password.
  3. Software SAM Broadcaster.
Tutorial pengaturan SAM Broadcaster untuk radio streaming : 

1. Menghubungkan SAM Broadcaster ke server streaming, klik window + encoder
2. Pilih MP3 (LAME) Encoder. Pada tab converter rekan bisa merubah angka bitrate dari 8 - 128. Semakin tinggi bitrate maka akan semakin bagus kualitas suaranya. Namun bitrate yang tinggi juga membutuhkan kinerja server serta akses internet yang tinggi juga.
cara setting sambroadcaster
www.abdusatri.com
3. Pada tab server details pilih Icecast, karena disini saya menggunakan icecast di server streamingnya. Selanjutnya pilih icecast2. Pada server IP Masukan IP server, server port masukan port radio yang rekan buka di server serta user name dan password. Pada station name buat nama radionya, Station description deskripsi radionya, web url masukan alamat website. Kemudian klik OK.
radio online dengan sambroadcaster
www.abdusatri.com
  4. Sekarang jalankan encoder yang telah kita buat tadi dengan mengklik tombol play. Jika berhasil maka pada status Encoding dan pada description Encoder Started. 
pengaturan SAM broadcaster
www.abdusatri.com
5. Sekarang siap digunakan. Tambahkan pada track in selected category MP3. Dan klik dua kali lagu yang diinginkan sehingga otomatis akan masuk ke kolom Queue (antrian). Gunakan Voice FX untuk menambahkan micrphone.
membuat radio online
www.abdusatri.com
Nah dengan melakukan langkah-langkah diatas radio streaming kita sudah online dan bisa didengarkan melalui IP host diikuti Port radio yang kita buka di server. Bagaimana supaya radio kita bisa didengar di Android? rekan bisa baca artikel ini 

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan