Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Review Saya Menggunakan Topik Trend Untuk Adsense

· · 2 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Pengaruh Artikel Trend Terhadap Pendapatan Adsense - Beberapa hari belakangan blog ini diwarnai dengan topik seputar Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). Ini bukan bermaksud mengubah arah blog ini ke topik news, blog berita seperti situs detik atau karena saya sebagai salah satu tim sukses kampanye salah satu calon, hehe. Tapi sebagai eksperimen saya menaikan trafik (tentu dollarnya juga dunk :) dengan memilih topik yang sedang trend. Sebagaimana yang kita ketahui tanggal, 09,10,11 Desember yang lalu masih diwarnai oleh suasana Pilkada, mencari informasi seputar rekapitulasi suara, maka moment tersebut saya manfaatkan untuk mempostingkannya di blog mungil ini, disamping sebagai media informasi bagi masyarakat.
Artikel Trend Terhadap Pendapatan Adsense
Memposting topik yang sedang trend merupakan salah satu teknik mendapatkan ide untuk menulis di blog, lebih lengkapnya silahkan rekan baca disini Cara mendapatkan ide menulis di Blog. Pada tanggal 10 Desember jam 07.00 WIB saya mulai memposting tentang hasil rekapitulasi suara, dua jam kemudian artikel yang saya posting tentang hasil quick count Pilkada Kuansing 2015 berhasil mendapatkan kunjungan 2000 visitor, sehingga page views naik drastis hari itu dari yang hanya 6000 ke 19000, padahal itu full trafik dari Google Search. Otomatis pendapatan adsense saya naik 3 sampai 4 kali lipat dari biasanya. Hingga saat artikel ini saya publish, artikel tersebut diatas sudah mendapatkan views sebanyak 11627.

Kelebihan menulis topik yang sedang hangat akan membuat pengunjung blog akan naik instan, tentu saja ada hal lain yang harus mendukung seperti kualitas tulisan, domain authorithy dan yang terpenting menurut saya pemilihat keyword title yang unik serta tingkat pesaing dari keyword yang kita pilih bisa bersaing di top ten Google Search minimal mendapatkan posisi halaman tiga google search. Kekurangannya adalah kita disibukan dengan melakukan research di sosial media seperti facebook, twitter dan social media yang lain tentang apa sih yang lagi heboh. memperhatikan perkembangan politik, ekonomi dan bidang lain yang lagi trend. Dan kerap kali memposting berita yang lagi trend mengenai aib orang lain yang membuat saya kurang setuju sebagai blogger matre hehe.

Untuk mencari topik yang lagi trend kita juga bisa memakai tool yang disediakan oleh google yaitu keyord planner. Disitu kita bisa mendapatkan gambarran keyword yang kita target berapa jumlah pencairan bulanannya hingga dapat melihat apakah keyword tersebut digunakan oleh advetiser untuk iklan mereka. Nah tentu saja sebagai blogger adsense akan lebih diuntungkan karena topik yang kita publish akan sesuai atau revelevan dengan iklan yang tampil. Berikut contoh research keyword dibawah ini :
pengaruh artikel trend bagi adsense
Dari screenshot diatas keyword "pacu jalur" cukup populer dengan tingkat kompetisi atau pesaing yang tidak banyak (low). Dibulan agustus dapat kita kita lihat  keyword tersebut menjadi trend di Google search karena bulan agustus diadakannya acara pacu jalur tradisional di Kabupaten Kuantan Singingi (Riau).

Bagi rekan yang masih baru belajar ngeblog adsense saya kira research akan membuat kita pusing apalagi topik tersebut tidak sesuai dengan passion kita. Kecuali bagi yang sudah lama terjun dan sudah terbiasa menulis artikel unik. Untuk pemula akan lebih bagus menulis apa saja yang berkenaan dengan passion yang rekan punya, menulis kegiatan sehari-hari atau merangkum pelajaran disekolah. Jika sudah terbiasa menulis mulailah melakukan research keyword yang akan kita target.

Baca juga Pengalaman mencairkan adsense via Bank Mandiri

2 comments:

  1. Maknyus topoknya mas...satu yg dapat saya ambil , yaitu memposting trend yang lagi hangat2 nya....sip bisa di terapkan kedepanya nanti...tankyu mas...,

    ReplyDelete

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan