Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Program Simpan Data ke Acces di Java Netbeans Part I

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Membuat Pogram Simpan ke Database Acces dengan Java Netbeans - Ini adalah tulisan part I cara membuat program simpan data di Java netbeans. Netbeans adalah salah satu DE (Integrated Development Environment) program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Jika dulu menggunakan notepad untuk menulis program, selanjutnya ke textpad dan sekarang lebih mudah lagi menggunakan netbeand, sehingga tidak perlu menginput script secara manual untuk menggunakan komponen-komponen Java karena netbeans sudah bersifat GUI (Graphical User Interface) yang merupakan nama generik untuk semua interface komputer yang menggunakan grafis, jendela (window), icon, dan alat penunjuk (pointing device) menggantikan interface dengan karakter murni (command line).
www.abdusatri.com
Membuat pogram simpan dengan Java Netbeans ditulisan ini menggunakan database Microsoft Acces 2007 (berformat accdb). Untuk menggunakan database berformat accdb (Acces 2007) di Java Netbeans, telebih dahulu kita membuat koneksi ODBC di setingan Control Panel. Sebenarnya bagaimana membuat koneksi ODBC untuk acces 2007 sudah pernah saya tulis di postingan ini Cara membuat laporan dengan crystal report menggunakan Acces 2007. Tapi karena hari ini saya lagi ada mood kuadrat walaupun tadi malam saya hanya menyumbang satu bintang ketika War di clan GARDAMUDA-UNIKS, Ea.. (war perdana soalnya, masih belajar teknik penyerangan yang apik).

Disini akan saya ulas lagi secara gamblang cara membuat koneksi ODBC di blog yang penuh pesona ini, haha. Karena tutorial cukup panjang, ini akan memaksa saya untuk membuat tulisan mengenai membuat program simpan dengan java netbeans menjadi tiga part. Part I saya khususkan untuk membuat database Acces dan koneksi ODBC dan part 2 tutorial membuat form input dan menambahkan komponen serta mendefenisikan variable serta part III fokus menambahkan script penyimpanan di Java Netbeans.

1. Membuat database Acces 
Buatlah database dengan nama dbbarang1 dan nama tabel data_brg menggunakan acces 2007 sepeti gambar dibawah ini :

program simpan edit hapus di netbeans
www.abdusatri.com
2. Membuat koneksi ODBC
Setelah membuat database dengan nama dbbarang1 (nama databasenya ga harus itu ya,, bisa dengan nama lain seperti nama buah, nama sayuran atau nama-nama pahlawan supaya lebih terlihat nasionalisme, bagi yang hobi COC mungkin bisa menggunakan nama database clannya seperti GARDAMUDA-UNIKS misalnya, he)  selanjutnya membuat koneksi ODBC di administative tool control panel. 
contoh program dengan netbeans
www.abdusatri.com
- Buka Control panel + Administrative tools
- Selanjutnya pilih ODBC Data Sources, Pilih dBASE files kemudian klik Add
- Pada jendela create new data source pilih Microsoft Acces Driver (*.mdb, *.accdb)
- Pada data source name buat nama, misal koneksi
- Pilih Select pada bagian Database dan browse dimana tempat penyimpanan database acces yang telah kita buat sebelumnya. Kemudian klik OK.
tutorial belajar netbeans
www.abdusatri.com
Setelah selesai membuat database dan pengaturan koneksi databasenya menggunakan ODBC seperti tutorial diatas, selanjutnya bersambung ke part II.

******

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan