Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

COC, Tiruan Realitas yang Terkadang Dianggap Seakan Nyata

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Pengembaraan Kesenangan Dalam Ruang Simulasi Virtual - Coc atau Clash of Clans sebuah game Multiplayer online, pertama hadir di platform iOS Agustus 2012 dan pada 07 Oktober 2013 menyasar pasar Android yang hingga kini sudah 100 juta download dari data Google Playstore. Game Coc dibuat oleh perusahaan SuperCell dari negara Finlandia, ya sebuah negara yang pernah membuat silegendaris Nokia merajai perangkat mobile.

Jujur saja awalya saya sangat tidak menyukai yang namanya game baik itu game destop PC maupun game mobile. Namun belakangan karena lagi belajar-belajar membuat game Android dengan Bahasa Java di Eclipse (sebenarnya ga membuat game Android dari awal, hanya merubah coding game atau source code, asset, audio yang sudah ada aja sebenarnya, hehe, karena Developer dan publisher itu berbeda menurut saya. Kalau ingin menjadi Developer harus belajar coding full tapi kalau hanya sebagai publisher seperti mencari dollar dengan aplikasi Android ga harus jago coding juga bisa, karena banyak rekan-rekan lain yang main aplikasi Android tanpa pengetahuan dasar coding atau pemograman Java tapi tetap menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar perbulan dari aplikasi Android yang dibuatnya).

Jadi untuk mendukung agar lebih fokus saya coba mencari game Android yang cukup populer, tujuannya agar lebih suka saja dengan aplikasi Android khususnya game mobile. Saya pilih COC. Setelah diinstall bingung menjalankannya, hehe maklum newbie. Namun setelah ada anak kecil (sebut saja namanya Danu untuk menjaga privasi hehe) yang main kerumah dan mengajarkan saya bermain COC (Cash Of Clans) yang katanya menguji andrenalin itu. Karena tidak teralu mengerti, hingga Th7 (Town hall 7) saya belum juga join ke Clan (istilahnya semacam geng yang isinya bisa 50 akun) untuk melakukan war. Tapi setelah membaca status seorang rekan di facebook yang menawarkan gabung ke clan Gardamuda-Uniks saya mencoba untuk join ke clan tersebut.

Nah dari situlah saya mengerti apa itu Archer, Air defense, Wizard Tower, Golem, Barbarian, Valkry, Hog Rider, Dragon, Mion, Pekka dan Goblin yang mempesona itu, karena Goblin merupakan senjata andalan saya ketika melakukan farming :). Agak lucu juga sebenarnya sudah Th7 baru mengenal nama trops (pasukan) COC hehe. Jadi inti asyiknya bermain COC itu adalah ketika melakukan War (perang antar geng atau antar clan). Untuk melakukan war kita harus join dulu ke sebuah clan yang sudah mempunyai anggota lebih dari 10, karena syarat melakukan war minimal 10 orang. Bagi rekan yang masih bingung mau join Clan mana?, saya sarankan join saja ke Clan Gardamuda-Uniks. Karena disana rekan akan bertemu dengan  King Sulaiman sebagai Leader, Libsnake, Peiclan88, Jamri salam, ngalo, madjad dan tentu saja DAnish hehe. Mereka selalu mempunyai trik-trik jitu dalam menaklukan base lawan walaupun kadang-kadang sering juga mengalami kekalahan, wkwkw.

Ya.. bermain COC banyak pro dan kontra. Banyak waktu yang tersita, banyak orang yang tidak mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan seperti mengeluarkan uang untuk membeli Gems di COC dengan tujuan untuk melakukan Up troops maupun base, interaksi sosial terkadang terabaikan karena asysik dalam pertualangan simulasi virtual dalam memainkan wizard dan Pekka yang merupakan troops atau pasukan darat terhebat hingga saaat ini yang dirilis supercell di barack10. Terkadang juga mengundang tawa dan emosi. sperti om sugar misalnya (salah satu personil Gardamuda-Uniks) yang menggasak Th4 dengan 11 Dragon karena di war pertama mendapat nol bintang ketika melawan clan asal china beberapa waktu yang lalu, haha.

Aktivitas ngeblog saya juga terhenti selama sebulan akibat bermain game COC ini. Tapi saya mempunyai tujuan sebagai blogger matre tentu orientasi dollar juga harus bermain , ea.. :) . Seperti saya bisa menulis artikel ngaco ini untuk farming dollar dengan Google Adsense, ini karena saya sudah sedikit paham menggunakan Goblin dan archer ketika farming mengumpulkan 2 juta elixir untuk melakukan upgrade dragon ke level 2 di Th7 :D.

Yups dibalik dampak negatif yang cukup banyak dari game COC ini, sebenarnya kita bisa menciptakannya menjadi positif dan bahkan bisa dijadikan sebagai ladang untuk farming dollar seperti yang saya lakukan menulis artikel ini. Hm. saya ga bakat nulis om.., ga masalah. bisa dengan merekam setiap war dan menguploadnya ke Youtube yang juga dimonetasi dengan Google Adsense. Coba perhatikan video dibawah ini.

Perhatikan viewnya 5.546.016 hingga posting ini saya tulis. Fantastis !! berapa ribuan dollar yang didapatkan oleh sipengupload video ini melalui iklan google adsense? hanya yang Diatas, pengupload dan tim pembayaran google adsenselah yang tahu secara detail masalah itu :).

Setidaknya kita bisa mendapatkan hal-hal positif  dari passion yang kita miliki. Hobbi gamekah?, hobbi memancing kah?, hobbi memasak kah?. hobbi pemograman kah?. Saya kutip tulisan di halaman depan Web Adsesense : "Turn your passion into profit"

Selalu ada celah positif dari setiap perspektive negatif kebanyakan. Ituh!!.
NB : Saya tunggu rekan di clan Gardamuda-Uniks :)

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan