Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu
Joint Venture Adsense

Cara Setting Radio Online di Icecast Winamp

· · 0 comments
Assalamu'alaikum, wr.wb

Membuat Radio Online dengan Winamp - Ditulisan sebelumnya kita menggunakan SAM Broadcaster sebagai aplikasi untuk memancarkan streaming audio dari server radio online Linux Server Debian untuk bisa didengarkan baik melalui browser langsung atau lewat aplikasi, postingannya lengkapsanya silahkan rekan baca cara setting radio online dengan SAM Broadcaster. Ya SAM Broadcaster termasuk salah satu aplikasi premium (berbayar) untuk Radio Streaming dengan harga lebih kurang untuk versi Pro 299$ (4,1 jt), sedangkan Winamp merupakan aplikasi gratis. Mungkin bisa diibaratkan SAM Broadcaster itu Windows sedangkan Winamp itu Linux :). mana yang bagus? sangat sulit bukan memilih mana yang bagus jika dua produk sudah dibatasi dengan kata premium dan gratis :).

Yups sekarang mari kita coba setting icecast di winamp.

1. Disini saya asumsikan rekan sudah mempunyai server streamingnya. Pada tutorial cara pasang icecast radio online di winamp ini saya menggunakan Linux Debian Server versi 10 32 bit. Untuk versi Linux server dibawah itu sepertinya tidak suport dengan Icedcast setelah saya coba beberapa versi dibawah 10 dengan alasan awal supaya lebih ringan karena server yang saya punya hanya mempunyai spesifikasi RAM 512 MB :)

2. Siapkan Winamp dan download plugin Edcast DISINI dan kemudian diinstall
3. Buka Winamp dan Ctrl + P untuk membuka halaman Prefenrence. Pilih Edcast DSP.
cara setting icecast di winamp
www.abdusatri.com
4. Selanjutnya klik Encoder. Pada encoder setting klik dua kali untuk pengaturan server streamingnya. 
cara menambahkan edcast di winamp
www.abdusatri.com
 5. Setting seperti gambar dibawah ini. Untuk bitrate rekan bisa menuliskan angka dibawah 128 bitrate agar radio tetap terdengar dan tidak putus-putus dengan koneksi internet yang masih lambat. Pada encoder type pilih MP3 Lame, ini merupakan encoder untuk memutrar Mp3 di winamp. Secara default encoder ini belum tersedia di edcast. Silahkan download terlebih dahulu encoder MP3nya DISINI. Kemudian copykan file tersebut kedalam folder dimana Winamp diinstallkan. Biasanya di Program Files + Winamp. Pada Server IP, masukan IP server streaming rekan. Pada mount point silahkan ganti dengan nama radio atau nama lainnya, karena ini akan berfungsi pada URL streamingnnya nanti. Jadi jika ingin mendengarkan streaming dengan setting dibawah ini adalah IP Server:8000/rpd.
cara membuat radio streaming sendiri di linux
www.abdusatri.com
 6. Pada tab YP Setting masukan keterangan Radio Online rekan.
cara mendengarkan radio di winamp
www.abdusatri.com
 7. Hidupkan Mp3 dari Winamp, jika muncul seperti gambar dibawah maka streaming onlinenya sudah jalan. Untuk input suara dari microphone klik tanda silang pada live recording.
membuat aplikasi streaming radio online
www.abdusatri.com
Nah sekarang radionya sudah siap dionlinekan. Untuk lebih memudahkan pendengar sebaiknya rekan membuatkan aplikasinya seperti aplikasi Android agar tidak perlu lagi mengetikan IP server streaming di browser. Dan lebih bagus lagi IP server di pointing menjadi alamat domain sehingga mudah diingat dan terkesan lebih elegan :). 

******

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan