Gelandang Internet yang mencoba melewati lorong sempit tanpa batas ruang dan waktu

Jangan Bikin Blog Sebelum Baca Artikel Ini

· · 0 comments

Tahukah Anda bahwa setiap tahun jumlah blog semakin meningkat? Menurut Statista, jumlah blogger di Amerika Serikat pada tahun 2020 akan mencapai 31.9 juta. Tentunya peningkatan ini tidak hanya terjadi disana tapi juga di negara-negara lain termasuk Indonesia. 

Bagi yang belum pernah ngeblog mungkin bertanya-tanya apa saja sih keuntungan memiliki blog. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki blog

Sarana mengekspresikan diri dan pikiran
Blog merupakan tempat yang pas bagi Anda yang haus ingin mengekspresikan diri melalui tulisan, foto, atau video tanpa ada batasan. Blog juga bisa dijadikan sebagai sarana “give back” ke masyarakat dengan membagikan informasi dan pengetahuan.

Mengembangkan diri dan skill 
Pernah mendengar ungkapan practice makes perfect? Dengan blogging, Anda bisa melatih dan mengembangkan kemampuan menulis. Semakin sering berlatih, maka Anda bisa menambah kosakata baru, belajar mengembangkan ide dan topik, menemukan gaya tulisan yang pas dan disenangi, dan bahkan bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Membangun komunitas
Salah satu keuntungan dari memiliki blog adalah kesempatan untuk membangun komunitas dan melakukan network. Anda bisa membangun hubungan dengan pembaca blog Anda melalui komentar blog atau sosial media. Selain itu Anda juga bisa membangun relasi dengan sesama blogger, baik dalam niche yang sama maupun berbeda.

Mendapatkan penghasilan tambahan
Bukan rahasia umum lagi jika anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog Anda, misalnya dari iklan di blog, program afiliasi, dan brand partnership.

Tertarik membuat blog?

1.    Pilih Platform Blog

Ada banyak blogging platform yang bisa dipilih seperti blogger, tumblr, squarespace, dan tentu saja WordPress.

Bisa dibilang WordPress jauh lebih unggul dibandingkan dengan platform blogging lainnya. Selain menawarkan blogging gratis melalui WordPress.com, Anda juga bisa pilih WordPress.org jika ingin meng-online-kan blog secara independen.

Wordpress gratis memang cukup bagus tapi tentu memiliki keterbatasan jika dibandingkan WordPress self-hosted seperti

Kontrol blog terbatas
Jika memilih blog gratis berarti blog Anda dihost oleh platform pilihan, sehingga anda harus mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh penyedia platform. 

Kostumisasi terbatas
Kelemahan lain jika menggunakan blog gratis adalah anda tidak bisa leluasa melakukan kustomisasi pada blog. Selain itu nama blog juga harus mengikuti embel-embel penyedia blog (budi.wordpress.com). Padahal nama unik bisa menambah kredibilitas blog Anda. Selain itu pilihan plugin atau tema yang bisa digunakan pun terbatas.  

Kelemahan-kelemahan tersebut tidak akan ditemui jika menggunakan blog self-hosted. Anda memiliki kontrol total terhadap blog dan bisa memodifikasi blog sesuai keinginan. Pilihan plugin dan tema yang bisa dipilih pun sangat banyak.

2.    Pilih Web Hosting

Langkah selanjutnya setelah menentukan wordpress.org sebagai platform pilihan, maka Anda perlu memilih penyedia web hosting, paket hosting yang sesuai serta nama untuk blog Anda.

Salah satu rekomendasi web hosting yang layak dipertimbangkan adalah Hostinger yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia web hosting, dan lebih dari 29 juta pengguna di seluruh dunia. Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan customer support yang siap membantu 24/7, Anda tidak perlu lagi dengan kualitas hosting mereka.

Hostinger menawarkan paket web hosting dengan harga terjangkau. Ada 3 paket web hosting yang bisa dipilih mengikuti kebutuhan Anda.

Web Hosting Single ditujukan untuk yang baru saja membuat blog atau website dan belum membutuhkan resources besar untuk blog.

Web Hosting Premium cocok digunakan untuk blog atau website berkembang, yang membutuhkan fitur dan sumber daya lebih.

Web Hosting Bisnis bisa dipilih jika website atau blog Anda memiliki traffic yang tinggi dan membutuhkan fitur-fitur canggih untuk bisa mengoptimalkan performa.

paket web hosting Hostinger

Untuk paket web hosting premium dan web hosting bisnis, anda bisa mendapatkan domain gratis, apabila berlangganan selama setahun.

3.    Pilih Nama Domain

Setelah menentukan paket hosting untuk blog, maka selanjutnya adalah menentukan nama domain blog, yang merupakan identitas blog.

Pilih nama domain yang mencerminkan fokus blog. Bisa juga menggunakan nama unik dan dimudah diingat.

domain murah Hostinger
Hostinger memiliki fitur layanan cek domain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui ketersediaan nama domain yang diinginkan. Silahkan cek nama domain yang Anda inginkan disini https://www.hostinger.co.id/domain-murah

Selain menyediakan web hosting, Hostinger juga menawarkan domain murah, dengan bermacam-macam variasi TLD, misalnya .com yang bisa Anda dapatkan dengan Rp119.972  per tahun.

4.    Install blog

Setelah membeli hosting dan domain, maka Anda bisa menginstall WordPress. Biasanya proses instalasi WordPress tidak akan memakan waktu lama karena bisa dilakukan menggunakan auto installer Softaculous.

5.    Desain Blog

Setelah melakukan proses instalasi, Anda bisa memilih tema blog. Ada banyak sekali tema WordPress yang bisa dipilih mulai dari tema gratis maupun tema berbayar. Semua tergantung kebutuhan dan preferensi.
Seperti kita ketahui WordPress self-hosted memiliki keunggulan berupa plugin-plugin yang membantu optimasi blog Anda, seperti plugin Yoast SEO yang bisa dipilih untuk mengoptimalkan SEO blog.

0 comments:

Post a Comment

- Komentar yang mengandung hujatan, negatif akan dianggap spam
- Komentar link akan dilaporkan ke posyandu terdekat & tidak akan ditampilkan